Mengenal Operating System untuk Mobile Devices

Posted: Mei 15, 2010 in Teknologi Informasi

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap beberapa macam operating system (OS) yang secara dominan mewarnai pasar dunia mobile devices saat ini, walaupun masih ada beberapa nama lainnya yang saat ini relatif sedikit penggunanya secara global market (who are we knows next time?). Terdapat tiga nama OS untuk mobile devices yang popular yaitu Palm dengan PalmOS-nya, Symbian dengan EPOC-nya, dan Microsoft dengan Pocket PC/ Windows CE-nya.

Meskipun demikian gerakan open source telah pula merambah dunia OS mobile devices yaitu dengan hadirnya PDA (personal digital assistant) dengan brand Sharp Zaurus yang menggunakan OS berbasiskan Linux dan Java dengan berbagai keuntungan khas dunia open source yaitu dikenal diseluruh dunia dan free community development. Saya duga kedepan akan cerah prospeknya.

Symbian (EPOC)

Symbian didirikan pada tahun 1998 oleh Psion, Motorola, Nokia, dan Ericsson dan Matsushita bergabung pada tahun berikutnya. Pasar yang dikuasai oleh OS ini adalah dominan yaitu sekitar 60% (http://www.symbian.com). Pada bulan Agustus 2000, Sony dan Sanyo bergabung pula sebagai kelompok vendor pengguna EPOC.

Mobile devices yang saat ini menggunakan EPOC diantaranya adalah Psion hand-held PC, Sony Ericsson P800, Nokia 7650, dan Nokia 9210 Communicator. OS EPOC dibagi dalam tiga versi yaitu : Smartphones (voice centric with data functionality), Communicator (e.g. : Nokia Communicator), dan PDA. EPOC telah dilengkapi dengan banyak fungsi-fungsi dasar yang sepatutnya dimiliki oleh sebuah OS mobile devices yaitu PIM (Personal Information Manager), integrated email, web browser, dan kemampuan untuk synchronization. EPOC terus meningkatkan kemampuannya dengan dilengkapi WAP browser, Bluetooth support, peningkatan kapabilitas security, email, dan messaging. Dan kini Symbian menikmati masa “bulan madu”-nya bermitra dengan perusahaan terkemuka dunia NTT DoCoMo (10 Juli 2003 yang lalu, Symbian mengumumkan bahwa Fujitsu, salah satu vendor mobile device jaringan 3G, meluncurkan mobile videophone F2102V untuk layanan NTT DoCoMo FOMA yang berbasiskan Symbian OS), Sun, Oracle, dan Sybase. Symbian mengklaim bahwa ada sekitar 31.000 software developer yang menggunakan EPOC sebagai basis pengembangan aplikasinya.

Saat tulisan ini dibuat, versi terbaru dari Symbian adalah Symbian OS v7.0s yang menyediakan berbagai layanan yang sangat sesuai dengan berbagai functionality platform 3G market. Fitur utama dari versi ini adalah :

■        Lightweight multi-threaded multimedia framework.

■        Support for W-CDMA.

■        Java MIDP 2.0 enabled.

■        Support for multiple primary/ secondly PDP contents.

■        Support bi-directional text (Thai, Arabic, and Hebrew)

Palm (PalmOS)

Produksi pertama dari Palm dijual tahun 1996. Setelah itu PalmOS menjadi OS open licensed yang dibuat oleh berbagai manufaktur mobile devices. IBM dan Dell juga menjual original PalmPilot devices. Selain dari itu Handspring juga menjadi perusahaan terbesar yang menyediakan mobile devices berbasiskan PalmOS.

Sebagaimana Symbian, PalmOS juga menyediakan basic feature yaitu PIM, email, dan messaging. Salah satu keuntungan dari Palm adalah bahwa hardware manufacture dapat menambahkan beberapa tool untuk digabungkan dengan hardware yang berbasis PalmOS tadi, misalnya dengan menambahkan CompactFlash, Springboard, dan Palm clip-on. Untuk produk masa depan, PalmOS dikonsentrasikan pada wireless connectivity, bluetooth support, dan multi-language support. PalmOS pula berkerjasama dengan beberapa berusahaan software terkemuka seperti Computer Associates, IBM, Oracle, Peoplesoft, SAP, AOL, Sun, Siebel, dan Tivoli. Palm mengklaim ada 50.000 software developer yang bekerja dengan platform ini.

Microsoft (Pocket PC)

Hand-held PC yang pertama berbasiskan Windows pertama kali tersedia pada tahun 1997. Pada mulanya versi awal dari OS mobile device ini sangatlah terbatas performansi dan fungsionalitasnya sehingga berakibat pada angka penjualannya yang mengecewakan. Namun kini Pocket PC menjelma menjadi salah satu OS mobile device yang paling banyak menyediakan software pendukungnya dan “mengawaki” PDA terkemuka saat ini dari Compaq yaitu iPAQ.

Menurut David Coursey, Executive Editor Anchor Desk, bahwa hand-held yang berbasiskan Pocket PC secara umum memerlukan beaya dua kali lebih besar daripada PalmOS devices tetapi sebaliknya Pocket PC menyediakan software pendukung lebih banyak daripada PalmOS. Anda dapat mendengarkan musik atau mendownload buku dari www.audible.com, memiliki software GPS navigation dari TrayRoute, atau topographic maps dari Map Tech. Jika Anda bingung berjalan-jalan di Amerika bisa pula menggunakan Microsoft Pocket Streets atau Topo! Software dari National Geographic. Pendek kata dan sudah jelas © software-software Microsoft dapat berjalan dengan baik di Pocket PC seperti Microsoft Money, Word, Excel (tentu saja untuk versi Pocket PC-nya).

Sumber : http://www.ilmukomputer.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s