Windows to Linux

Posted: Mei 15, 2010 in Teknologi Informasi, Uncategorized

Mungkin saat ini hampir 90% pengguna komputer di Indonesia khususnya masih membanggakan Windows. Yah memang operasi system yang satu ini sudah mengakar dan memasyarakat di Indonesia. Sejak pertama kali kita belajar komputer dibangku sekolah, operasi system inilah yang dikenalkan kepada kita.

Nggak heran sih, tiap kita bertanya pada orang “yang loe tau tentang komputer tuh apa?” Rata-rata orang Indonesia menjawab “Yang gue tau seh, mesin ketik digital,” ada juga yang mengatakan “ohh windows itu kan?”

Yah itulah jawaban orang Indonesia, tapi bukan bermaksud merendahkan. Ini adalah fakta. Dan sebagai pemuda generasi bangsa, saya ingin sekali merubah paradigm tersebut.

Latar Belakang dan Kesempatan

Seperti yang kita ketahui operasi system windows adalah software berbayar. Mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui hal ini. Sebagian disana masih belum mengetahuinya, mereka menginstal operasi system windows tanpa membayar lisensi. Tiap kali kita beli laptop atau komputer, windows lah yang menjadi default operasi system kita tanpa peduli asli atau bajakan. Nah lo (dosa gak tuh) hehe?

Permasalahan Yang Ada

Nah demi menghindari pembajakan yang ada dan semakin merajalela dan menghentikan dosa ,saya menyarankan untuk menggunakan operasi system linux.

Yeah operasi system ini berbasiskan Open Source (free dan kita bisa mengotak-atiknya). Enak kan? Dan yang lebih dahsyat lagi selain sifatnya yang free, operasi system ini memiliki kualitas yang gila kalo boleh saya bilang. Gak heran kalo banyak perusahaan besar menggunakan jasa Linux sebagai servernya.

Linux sendiri terdapat berbagai macam turunan, seperti Ubuntu, Open Suse, Redhat, Fedora, etc. Tetapi untuk saat ini distro yang umum dan lazim digunakan oleh masyarakat adalah Ubuntu. Kita dapat mendownload atau memperoleh operating system ini dengan cuma-Cuma. Enak to? Nah jika dilihat secara sekilas, mungkin tampilan si linux ini emang hampir sama dengan windows. Yehehe wajar lah, gak hanya linux aja kok Mac juga gitu .

Tapi dari segi pengoperasian sama kok, malah si Linux bebas virus lho (tuh kurang enak apalagi..)

Sumber : http://www.ilmukomputer.com

Komentar
  1. puji mengatakan:

    hahaha..re, ngomongin linux, lu sendiri dah pake blm….jgn cm basis blognya aj nih yg open source, ga tau nya lu sendiri msh kiblat ke microsoft..hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s